Senin, 26 Desember 2011

Peranan Air Dalam Kehidupan


Air merupakan bahan esensial bagi hidupnya organisme, oleh karena itu air selalu penuh dengan benda-benda hidup. Manusia dan makhluk-makhluk lain yang tidak hidup di dalam air senantiasa mencari tempat-tempat tinggal dekat air supaya mudah  mengambil air untuk keperluan hidupnya,  maka desa atau kota zaman dulu  tumbuh di  sekitar  sumber  air,  di  tepi  sungai,  atau  di  tepi  danau. Sesudah  manusia  lebih  maju,  tempat  tinggalnya  tidak  perlu  dekat  air  dengan sumber jauh yang disalurkan dengan pipa dan didistribusikan (Prawiro, 1989).
Air merupakan salah satu sumber daya alam yang memiliki fungsi sangat penting  bagi  kehidupan  dan  perikehidupan  manusia,  serta  untuk  memajukan kesejahteraan   umum,   sehingga   merupakan   modal   dasar   pembangunan   dan komponen lingkungan  hidup  yang penting  bagi  kelangsungan hidup  (Anonim,
2001).
 Pengertian air minum seharusnya dibedakan dengan air bersih. Air bersih dipergunakan untuk berbagai kepentingan rumah tangga seperti mandi, mencuci piring,   dan  mencuci  pakaian,  tetapi  tidak  dapat  langsung  diminum,  karena mungkin masih mengandung bakteri patogen (Darsono, 1995).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar